Jumat, 21 Oktober 2011

Heal Your Heart! #1


Posting saya kali ini akan membahas bagaimana cara untuk memperbaiki diri kita. Setelah melakukan diskusi panjang dari berbagai sumber, pagi ini Saya membaca buku tentang bagaimana merubah diri menjadi lebih baik. Dan berbagai sumber serta buku ini mengajarkan saya satu hal, bahwa perubahan berawal dari hati kita masing-masing. Layaknya tajuk Blog saya yakni "Lukisan Hati", kini Saya akan membagikan kepada Anda bagaimana cara memulihkan, kemudian menjaga hati agar tetap bersih sehingga mampu melukiskan lukisan yang indah, selamat membaca! :)

Sebelum mengetahui lebih jauh, ada baiknya jika kita mengetahui apa definisi hati. Dan mengapa hati bisa menjadi sumber dari segala perilaku kita selama ini, simak penjelasan berikut ini.

Menurut Al-Ghazali dalam bukunya Ihya Ulumudin mengatakan, bahwa hati mengandung tiga pengertian.
  • Pertama

Hati adalah segumpal daging yang di dalamnya ada lubang dan di dalam lubang itu ada darah hitam (dalam ilmu kedokteran disebut liver)
  • Kedua

Hati adalah sesuatu yang halus (lathifah) dan bersifat ketuhanan (rabbaniyah)
  • Ketiga

Hati adalah nafs yang didalamnya terhimpun dalam berbagai jenisnya. Ada yang disebut nafs muthmainnah (diri atau jiwa yang tenang, misalnya jiwa yang suka berzikir, berjiwa serius tapi santai, memiliki jiwa yang lapang, sabar, penuh kasih, pemaaf, dan sebagainya).
Namun ada yang disebut nafs lawwamah (jiwa yang mencela, misalnya seringkali mengeluh, menghina orang lain, cemberut, jutek, dan sebagainya), dan yang paling buruk adalah nafs ammarah bissuu’l (jiwa yang selalu menurut kepada yang jahat, misalnya dengki, suka memfitnah, merusak, dan sebagainya).

Nah, kondisi hati itulah yang ternyata akan mempengaruhi diri kita secara keseluruhan

Nantikan posting selanjutnya untuk mengetahui bagaimana kamu bisa mengobati hatimu sendiri :)

(Sumber :  Buku "Be New You" oleh Izzatul Jannah)



Keep moving and believe that Allah always beside you! ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar