Selasa, 01 Mei 2012

Heal Your Heart #2


Ini adalah lanjutan dari Posting sebelumnya : Heal Your Heart #1

Masih Penasaran bagaimana cara mengobati hatimu yang sedang "sakit"?
Setelah mengetahui apa itu definisi hati, kini lanjut ke posting kedua ya.. Selamat Membaca! :)

Kalian sudah mengetahui bahwa kondisi hati akan membuat kita cenderung kepada kejahatan atau kebaikan. Hal ini dijelaskan oleh Kabir Helminski, penulis buku The Knowing Heart : A Sufi Path of Transformation yang mengatakan, bahwa bila hati dalam keadaan sadar (awakened) dan bersih (purified) maka kapasitas terhadap kebaikan serta kedermawanan menjadi tidak terkunci, alias selalu terbuka lebar. Hal ini melahirkan sifat-sifat kemanusiaan kita. Masya Allah, boleh jadi itu sebabnya ada orang yang selalu berprasangka baik, tidak cepat marah, dan cepat tersentuh kebaikan :)

Ada pula yang begitu mudah marah, seringkali terlibat tawuran antar pelajar, bahkan beberapa dari remaja yang putus cinta dan berputus asa dari rahmat Allah berfikir untuk mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri (Naudzubillah). Ada pula yang berkelahi hanya karena hal sepele, bermusuhan hanya karena perebutan harta warisan dan lain sebagainya.

Menyedihkan ya, jika orang-orang telah diliputi dendam? Mereka adalah orang yang hatinya kurang bersih dan hantinya tidak tercerahkan oleh sifat-sifat ketuhanan (rabbaniyah) yang semestinya mereka miliki. Artinya, mereka akan memosisikan diri sebagai manusia-manusia jutek yang benar-benar menyebalkan. Hidup bersama mereka, boro-boro dapat senyum manis, tidak dipelototi saja sudah Alhamdulillah :D

Pasti kalian ngga mau doong jadi orang yang kurang disukai sama orang-orang yang ada di sekitar kamu?
Makanyaaa, ayo kita bersihkan hati kita dari sekarang, sebelum penyakit-penyakit yang ada dalam hati kita bertambah parah (Naudzubillah)

Nah, ini dia beberapa aktivitas yang bisa dilakukan untuk membersihkan hatimu :
  1. Zikir Kepada Allah
  2. Membaca Al-Qur'an dan Menghafalnya
  3. Istighfar
  4. Do'a
  5. Shalawat Kepada Rasulullah saw
  6. Shalat Malam atau Qiyamullail
Penjelasan dari enam aktivitas diatas bisa kamu peroleh di posting berikutnya ya :)

Mari memulai untuk membersihkan hati kita mulai dari sekarang!
Semoga bermanfaat :)

(Sumber :  Buku "Be New You" oleh Izzatul Jannah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar