Selasa, 20 Maret 2012

SOTOJI – Sebuah inovasi di bidang Teknologi Pangan



Perkembangan teknologi dan keterbatasan waktu masyarakat khususnya di kota-kota besar dalam memenuhi kebutuhan pangan menjadi tonggak bagi maraknya perkembangan makanan yang serba instan. Namun makanan instan yang ditawarkan oleh PT. Tri Rastra Sukses Sejahtera ini berbeda dan menjadi inovasi khususnya di bidang teknologi Pangan. Mereka berhasil menyulap jamur tiram menjadi makanan instan dengan rasa khas Indonesia. Bagaimana bisa?

Who
Sotoji diproduksi oleh PT. Tri Rastra Sukses Sejahtera, Bogor-Indonesia. Perusahaan industri rumah tangga ini dikembangkan oleh beberapa lulusan jurusan Teknologi Pangan yang menjadikan produk-produk mereka merupakan inovasi baru di bidang pangan.



What
Apa itu Sotoji?
Sotoji merupakan singkatan dari soto jamur instan. Dari nama ini, dapat kita ketahui bahwa di dalam kemasan berwarna hijau ini terdapat jamur instan rasa soto. Namun jamur disini hanya sebagai bahan tambahan pelengkap bihun, komposisi jamur dengan bihun di dalamnya sekitar 1 : 4

Komposisi : Sohun, Jamur tiram goreng, bumbu, minyak soto, cabe bubuk.

Which
Jamur apa yang digunakan ?
Yang digunakan dalam sotoji ini yaitu jamur tiram. Yang menarik adalah, jamur tiram diolah sedemikian rupa sehingga bisa dinikmati secara instan. Jamur tiram dibuat mengering dengan cara digoreng. Hal ini menarik karena biasanya yang kita temui di dalam mie instan adalah sayuran kering atau baso kering. Namun sotoji menghadirkan inovasi yang berbeda, dengan menambahkan jamur tiram kering di dalam kemasan sotoji.

Where
Dimana Sotoji bisa diperoleh?
Hingga saat ini, sotoji menawarkan metode pemasaran yang unik, yaitu secara online. Harga yang ditawarkan adalah Rp. 3.500/bungkus. Untuk pemesanan online, anda bisa langsung mengunjungi website resmi sotoji --> Order Sotoji
Sotoji bisa dinikmati dimana saja dan kapan saja, karena proses pembuatannya yang mudah dan cepat. Tak jauh berbeda dengan cara pengolahan produk makanan instan serupa.


Berikut ini cara memasak sotoji, seperti yang tertera dalam kemasan :
-          Rebus sohun dan jamur tiram goring kedalam 400cc (2 gelas) air mendidih selama 2 menit, sambil diaduk-aduk.
-          Sementara sohun dan jamur direbus, siapkan bumbu, minyak soto dan cabai bubuk ke dalam mangkok
-          Campur sohun dan jamur tiram beserta kuahnya ke dalam mangkok yang sudah ada bumbunya, aduk hingga rata
-          Soto jamur tiram lezat siap dihidangkan dan dinikmati bersama keluarga anda sebagai lauk pauk pelengkap nasi

      Tambahan : Sotoji akan lebih nikmat jika ditambah bahan pelengkap lain seperti telur, baso, sosis, udang, sayuran, atau bahan lain sesuai selera anda.

Why
Mengapa jamur tiram?
Seperti tagline nya, Sotoji merupakan soto jamur lezat yang tinggi kandungan serat dan protein nabati.

Informasi Nilai Gizi Sotoji :
Takaran saji 1 bungkus                        70 g
Protein                                                 3 %
Karbohidrat                                         60 %
Lemak                                                 9 %
Energi Total                                        296 kkal

Seperti kita ketahui, jamur adalah salah satu bahan makanan alternative yang menyehatkan, khususnya bagi para vegetarian yang tidak mengkonsumsi daging dan protein hewani lainnya. Sotoji bisa menjadi alternative makanan yang praktis dan menyehatkan bagi para vegetarian. Jamur tiram saat ini memang sedang cukup populer dan banyak dibudidayakan oleh pengusaha rumahan. Hal ini terjadi karena proses pembudidayaan jamur tiram cukup mudah dilakukan. Lebih lanjut tentang pembudidayaan jamur tiram ini akan saya sampaikan pada post selanjutnya :)

How
Sotoji menawarkan sensasi rasa segar soto khas Indonesia. Aroma khas jeruk nipis kental tercium saat sotoji telah siap disajikan. Kemasan warna hijaunya juga seperti ingin menggambarkan “kesegaran” rasa soto yang berada di dalamnya. Selain tinggi kandungan serat, sotoji juga ingin mengedepankan cita rasa asli Indonesia dengan mengusung “soto” sebagai ciri khas utamanya.

Saran :
Seiring dengan perkembangan produknya, akan lebih baik jika Sotoji berani membuat variasi dalam produknya. Akan lebih menarik jika sotoji menawarkan dua pilihan jamur di dalam kemasan (jamur basah (berwarna putih, mungkin dengan cara direbus dan diawetkan) dan jamur kering (seperti yang sudah ada saat ini, digoreng))
Selain itu, melihat banyaknya jenis variasi rasa soto di Indonesia, akan lebih menarik jika rasa soto di dalam sotoji ini dikembangkan menjadi soto khas beberapa daerah di Indonesia (misalnya : soto kudus, soto Makassar, soto betawi, dll)

Selamat Mencoba :)

4 komentar:

  1. berkunjung nih, liat-liat juga ke beranda saya ya Soto ala Sotoji
    terimakasih :) cek ke tkp

    BalasHapus
  2. Nice review, lengkap banget ulasannya.

    Salam kenal, kapn2 main ke sini ya http://asdansbacktonature.blogspot.com/2012/03/makan-enak-nikmat-dan-smart-bersama.html

    BalasHapus