Sabtu, 02 Maret 2013

Sepenggal Cerita R.302 #2

Hidup memang benar-benar berawal dari sini
Gw jadi ngerasa lebih berarti setelah punya kegiatan positif di SIGMA
Hidup gw jadi ngga hanya kuliah-pulang, kuliah-pulang aja

ID Card dan baju PDH (Pakaian Dinas Harian) yang gw terima sebagai simbol diterimanya gw menjadi anggota baru SIGMA menjadi kebanggan tersendiri buat gw. Seneng akhirnya bisa jadi bagian resmi dari SIGMA



Meskipun awalnya gw ngga tau mau ngapain setelah dinobatkan resmi sebagai Anggota SIGMA
Yang bisa gw lakuin hanyalah dateng tiap kali dijarkom untuk rapat dll.
Gw selalu hadir di saat acara-acara penting, mulai dari raker hingga upgrading, ngga pernah ada yang ketinggalan. 



Ohiya, kala itu gw dimasukkan dalam staff divisi PSDM. Gw seneng karena ngerasa bisa menerapkan ilmu perkuliahan gw di organisasi itu. Gw punya rencana untuk membuat kurikulum dan modul untuk SIGMA, tapi sayang yang kesampaian hanya modul, kurikulumnya ngga kepegang.

Kinerja gw sempat terhenti setelah UpGrading, itu dikarenakan gw harus PPL (Praktek Kerja). Selama PPL gw jadi jarang dateng rapat-rapat buat acara, tapi gw masih ikutan dateng pas hari H acara, dan rasanya ternyata ngga enak dateng hanya sebagai tamu, ngga ngikutin proses persiapan dari awalnya. Acara yang lumayan besar waktu itu adalah workshop CAB yang diadakan bekerjasama dengan Kemenpora. 


Setelah PPL selama 3 bulan, tadinya gw mau dijadikan ketua OAB tahun 2011, tapi karena beberapa pertimbangan akhirnya Ka Derry (Ketua SIGMA 2011-2012) menetapkan Erman sebagai ketua OAB dan gw dipersilahkan mewujudkan keinginan gw untuk pergi ke Pare, Kediri untuk belajar Bahasa Inggris. Total gw menghilang dari hiruk pikuk kesibukan di SIGMA kurang lebih selama 6 bulan. Tanggung jawab gw untuk menyelesaikan modul akhirnya dilanjutkan oleh Suko - teman satu divisi gw. Gw berhasil membuat modul Film dan Kamera, dan modul editing diselesaikan oleh Suko.

Selama 2 bulan gw tinggal di Pare, sms jarkoman tentang rapat dan undangan acara ngga pernah terlewat masuk ke inbox gw. Seneng rasanya mereka masih inget gw :")
Hari terakhir gw di Pare, ada sms masuk dari Ka Dery. Kali ini bukan tentang jarkoman rapat atau undangan acara, tapi Ka Dery menanyakan kabar gw, dan kerennya lagi, ka Dery tau kalo gw akan pulang ke Jakarta esok hari, hihi. Memang selama fisik gw ngga ada di SIGMA, tapi hati gw rasanya masih nyangkut aja gitu di SIGMA :D
Jadi ketika Ka Dery menanyakan kabar gw itu, gw semakin yakin kalau gw memang sudah saatnya kembali ke SIGMA untuk melanjutkan tanggung jawab gw disana.

Setibanya di Jakarta, pertama kalinya menginjakkan kaki di sekre, rasanya sempet canggung karena sudah ada anggota baru angkatan XIII yang sama sekali ngga gw kenal, karena gw sama sekali ngga ngikutin rangkaian PCAB saat itu. Tapi hari itu juga gw coba membaur kembali, waktu itu masih inget banget gw dikasih tugas sama Ka Ncek buat bikin desain Banner untuk acara ulang tahun SIGMA. Dengan senang hati, gw pun membuatnya.


Sekembalinya gw dari Pare, gw seperti ngga ingin melewatkan satu momen pun bersama SIGMA, basically gw ngerasa berdosa karen udah ninggalin tanggung jawab selama enam bulan. Mungkin bagi orang lain, tanggung jawab di organisasi itu ngga terlalu penting, tapi gw mencoba profesional untuk berlatih kalau gw udah dikasih tanggung jawab sebenarnya di dunia pekerjaan nanti.

Inget banget betapa bencinya gw sama Gedung G dulu.. dulu banget jauh sebelum gw mengenal SIGMA. Gw ngga habis fikir sama orang-orang yang menghabiskan waktunya hampir 24 jam disana.. gedungnya jelek, kamar mandinya apalagi :|
Tapi ternyata kini gw adalah salah satu dari mereka, yang menghabiskan waktu di Gedung yang jelek itu, tapi entah kenapa rasanya seneng-seneng aja tidur di sekre tanpa alas tidur yang layak, sempit-sempitan, banyak nyamuk. Pertama kalinya gw nginep di sekre adalah seusai MAT tahun 2012 di masa lengsernya ka Dery berganti ke ketua baru yaitu ka Nana. 

Ya, tanggung jawab kepengurusan gw selesai di masa kepemimpinan ka Derry.. gw mengakhirinya dengan datang pas MAT, ngebacain LPJ yang harusnya jadi tanggung jawab kadiv gw (Ka Hendy) yang entah kemana menghilang di hari MAT itu...
Saat itu, gw ngga pernah berfikir apa yang akan gw lakukan tahun depan di SIGMA, karena saat itu gw sudah mulai mau mengajukan judul skripsi, jadi mungkin gw ngga akan bisa fokus lagi di SIGMA

Lagi-lagi dugaan gw salah, inget ngga betapa dari awalnya gw ngga yakin kalau gw bakal serius di SIGMA? Tapi buktinya sampai tahun kedua itu gw masih bertahan. Gw sudah berhasil mengatasi kekhawatiran orang tua gw yang sebelumnya ngga pernah mengizinkan gw pulang malem, sampe akhirnya gw diizinin aja gitu nginep di SIGMA. Ya, itu semua karena gw berhasil membuktikan kalau yang gw lakuin di SIGMA adalah kegiatan yang positif.

Tahun kedua kepengurusan gw pun dimulai ketika sms masuk dari Ka Nana yang menanyakan kesediaan gw untuk menjadi kadiv PSDM.. sempat berfikir beberapa kali, mempertimbangkan antara kuliah gw yang sudah masuk tahun terakhir, dan 'tantangan' untuk menjadi kadiv ini. Akhirnya gw memutuskan untuk mengiyakan permintaan ka Nana untuk menjadi Kadiv PSDM 2012-2013...

bersama team PSDM (ocha dan ka sandy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar